Jumat, 27 Maret 2009

Kabel LAN nich..




Memasang sendiri Kabel UTP





singkatnya ini cocok sekali buat Anda yang sedang membuat jaringankomputer ‘MURAH’ hususnya yang terdiri lebih dari dua client yang pakehub (jauh lebih murah daripada router ).

To the point! Apa sih kabelUTP itu? Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebutunshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik.Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabelyang disusun spiral alias saling berlilitan. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan kategori 5.

Kategori 3 bisa untuk transmisi data sampai 10 mbps, sedang kategori 5 sampai100 mbps. Kalau hanya buat misalnya jaringan komputer di kantor ataukampus atau warnet, paling hemat ya menggunakan yang kategori 3. Itusudah lebih dari cukup.Setahupenulis ada banyak merek yang beredar di pasaran, hanya saja yangterkenal bandel dan relatif murah adalah merek Belden - made in USA.Kalau mau yang lebih murah dan penggunaannya banyak, maka beli sajayang satu kotak, panjangnya sekitar 150 meter. Jangan lupa belikonektornya. Konektornya bentuknya seperti colokan telepon hanya sajalebih besar. Bilang saja mau beli konektor RJ-45.

Satu lagi yang sangat penting, Anda harus punya tang khusus buat memasangkonektor ke kabel UTP, istilah kerennya adalah “crimp tool”. Alat inigunanya untuk ‘mematikan’ atau ‘menanam’ konektor ke kabel UTP. Jadisekali sudah di ‘tang’, maka sudah tidak bisa dicopot lagi konektornya.Dan kalau mau yang lebih OK, biar tidak nanggung maka beli pula sebuahLAN tester. Anda bisa membeli yang merek dari Taiwan saja agar lebihmurah. Bentuknya seperti kotak dan ada lampu LED-nya delapan pasang danbisa kedap-kedip.

OK, sekarang peralatan udah siap, penulis mulai saja. Secara umum,pemasangan kabel UTP tersebut ada dua tipe, yaitu tipe straight dantipe cross. Disebut tipe straight soalnya masing-masing kabel yangjumlahnya 8 itu berkorespondensi 1-1, langsung. Sedangkan disebut crosssoalnya ada persilangan pada susunan kabelnya. Bingung?OK!Untuk tipe straight itu digunakan untuk menyambungkan kabel dari clientke hub. Sedangkan untuk tipe cross adalah untuk client langsungterhubung ke client (cpu to cpu) atau juga dari hub ke hub.

Kita bahas dulu yang tipe straight

Tipe ini adalah yang paling gampang dibuat. Kenapa? Soalnya langsungkorespondensinya 1-1. Standar urutannya begini (dilihat dari lubangkonektor, dari kiri ke kanan - lihat Gambar 4) : 2 oranye - 1 hijau - 2biru - 1 hijau - 2 coklat . 2oranye disini maksudnya pasangan oranye muda sama oranye tua danseterusnya. Tapi tidak usah ikut standar pewarnaan itu juga sebenarnyatidak masalah. Yang penting urutan kabelnya. Misal ujung pertama urutanpin pertamanya oranye muda, maka ujung yang lain urutan pin pertamanyajuga harus oranye muda, jadi antar ujung saling nyambung. Sebenarnya tidak semua pin tersebut digunakan.

Yang penting adalah pin nomor 1,2,3 dan 6. Jadi misal yang disambung hanyapin 1,2,3 dan 6 sedangkan pin yang lain tidak dipasang, tidak jadi masalah.

Waktu akan memasangnya, maka potong ujung kabelnya, kemudian susun kabelnyatrus diratakan dengan pisau potong yang ada pada crimp tool. Andaktidak perlu repot harus melepaskan isolasi pada bagian ujung kabel,karena waktu Anda memasukan kabel itu ke konektor lalu ditekan(pressed) dengan menggunakan crimp tool, sebenarnya saat itu pin yangada di konektor menembus sampai ke dalam kabel. Perhatikan, agarpenekannya (pressing) yang keras, soalnya kalau tidak keras kadang pintersebut tidak tembus ke dalam isolasi kabelnya.

Kalau sudah kemudianAnda test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel kealatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN testermenyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalauada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomortersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu Anda tekan (press) lagimenggunakan tang. Kemungkinan pinnya belum tembus. Kalau sudah Andatekan tetapi masih tidak nyambung, maka coba periksa korespondensinyaantar pin udah 1-1 atau belum. Kalau ternyata sudah benar dan masihgagal, berarti memang Anda belum beruntung. Ulangi lagi sampai berhasil.

Tipe Cross

Untuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC, atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub.(misalnya karena colokan di hubnya kurang). Cara pemasangannya juga sebenarnya mudah, sama seperti tipe straight, pin yang digunakan juga sebenarnya hanya 4 pin saja, yaitu pin 1, 2, 3 dan 6. Yang berbedaadalah cara pasangnya. Kalau pada tipe cross, pin 1 disambungkan ke pin3 ujung yang lain, pin 2 ke 6, pin 3 ke 1 dan pin 6 ke 2. Praktisnyabegini, pada ujung pertama Anda bisa susun pinnya sesuai standar untukyang tipe “straight”, sementara itu di ujung yang lain Anda susunpinnya sesuai standar buat tipe “cross”. Masih bingung? Begini cara mudahnya: Ujung pertama:
  • oranye Putih
  • oranye
  • hijau putih
  • biru putih
  • biru
  • hijau
  • coklat putih
  • coklat
  • Maka di ujung yang lain harus dibuat begini:
  • hijau putih
  • hijau
  • orange putih
  • biru putih
  • biru
  • orange
  • coklat putih
  • coklat

Sudah agak lebih mengerti? Jadi disini posisi nomor 1, 2, 3 dan 6 yangditukar. Nanti jika dites menggunakan LAN tester, maka nantinya led 1,2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Kalau tipe straight menyalanya urutan,sedangkan tipe cross ada yang lompat-lompat. Tapi yang pasti harusmenyalasemua setiap led dari nomor 1 sampai 8.OK, selamat membangun jaringan komputer. SemogaAnda bisa berhasil sewaktu memasang konektor pada kabelnya. Semoga ilmuini berguna buat Anda, soalnya waktu dulu penulis pertama kali membuatjaringan hasilnya lucu sekali, untuk mengupas kabelnya penulis masihmenggunakan cutter, padahal sudah ada fasilitasnya di crimp toolnya.Tambah lagi ujung-ujungnya tiap kabel penulis kelupas lagi menggunakancutter, padahal yang betul tidak perlu dikupas satu-satu, biarkan sajarata, karena nantinya apabila di ‘crimp tool’ maka pin tersebutmasing-masing akan tembus ke dalam kabelnya. Semoga Anda tidakmelakukan hal sama seperti penulis dulu.Demikian tulisan mengenai cara membuat sambungan kabel UTP untuk jaringan komputer. Semoga berguna ya...

Kalau ada masalah hubungi ummufilza@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar